RSS
Write some words about you and your blog here

Cara menghitung berat badan ideal

Cara menghitung berat badan ideal - Memiliki berat badan ideal dan proporsional adalah harapan dari banyak orang, mulai dari pria sampai wanita. Bahkan anak - anak sampai orang tua pun mengharapkan memiliki berat badan yang ideal. Melihat kondisi saat ini sepertinya sulit bagi kita untuk mendapatkan berat badan ideal yang disebabkan oleh kehidupan yang tidak teratur dan pola makan yang kurang baik. Tetapi sebelumnya kita telah menulis tentang cara menambah berat badan dan cara menambah tinggi badan , maka kemungkinan untuk mendapatkan berat badan ideal itu menjadi mudah. Nah jika anda bingung apakah saat ini sudah memiliki berat badan yang ideal atau tidak? silahkan ikuti cara menghitung berat badan ideal berikut ini.
Cara Menghitung Berat Badan Ideal ilustrasi : waloetz.com
Cara menghitung berat badan ideal
Cara pertama
Berat badan ideal = ( tinggi badan - 100 ) x 90%
Contohnya jika anda memiliki tinggi badan 170 cm, maka berat badan ideal anda adalah (170 - 100 ) x 90 % = 63  kg.
Jadi berat badan ideal anda yang harus anda miliki adalah 63 kg. Kurang atau lebih 10 % dari itu dianggap tidak ideal.
Jika berat badan badan anda lebih dari 10 % dai berat badan seharusnya yang anda miliki maka anda mengalami obesitas. Sedangkan bila berat badan anda kurang 10 % dari berat badan yang seharusnya maka anda termasuk kategori kurus.

Cara kedua
Berat badan ideal = Berat badan : kuadrat tinggi badan dalam hitungan meter
Misalkan anda memiliki berat bada 60 kg dan tinggi badan 1,7 meter, maka berat badan ideal anda adalah = 60 : (1,7 x 1,7 ) = 10,38
untuk mengetahui apakah anda mengalami berat badan berlebih atau kekurangan silahkan perhatikan peraturannya berikut ini :
  • <17 =  Anda mengalami  kekurangan BB tingkat berat
  • 17 =  Anda mengalami kekurangan BB tingkat ringan
  • 18,4 - 21 =  Normal , (berat badan Ideal)
  • 21,1 – 27 =  Anda mengalami kelebihan BB tingkat ringan
  • 27,1 - 30 = Anda mengalami kelebihan BB tingkat sedang
  • >30 =  Anda mengalami kelebihan BB tingkat berat.

Cara ketiga
Cara ini paling mudah anda lakukan, cukup menghitung jumlah jengkal lingkar pinggang anda. Untuk satu ukuran jengkalnya biasanya berukuran sekitar 20 cm, Jadi bagi pria ukuran lingkar pinggangnya tidak boleh lebih dari 4,5 jengkal (90 cm), sedangkan bagi wanita tidak boleh lebih dari 4 jengkal atau sekitar 80 cm.

0 komentar:

Posting Komentar