RSS
Write some words about you and your blog here

Cara mengobati Insomnia

Cara mengobati Insomnia – Insomnia adalah adalah sebuah gejala gangguan tidur, dimana pada seseorang sering mengalami susah tidur dalam jangka waktu yang sering. Hal ini diakibatkan oleh perilaku buruk aktivitas sehari – hari seperti sering konsumsi kafein, tidur tidak teratur dan sering begadang. Insomnia sepertinya saat ini banyak dialami oleh masyarakat perkotaan. Akhirnya banyak yang stres karena produktifitas menurun. Sebelumnya kami telah membahas mengenai cara mengobati batuk dan cara mengobati pilek, keduanya penting untuk diatasi, termasuk masalah insomia ini. Berikut ini beberapa cara mengobati Insomnia bila anda salah satu yang sering mengalami Masalah tidur.
insomnia
Ilustrasi : obatalami-novia.blogspot.com

Cara mengobati Insomnia
1. Olahraga teratur
Dengan berolahraga teratur terutama di pagi hari dapat membantu anda menghadapi masalah tidur. Dengan berolah raga dapat membantu menjaga kesehatan kita menjadi lebih optimal, sehingga mengurangi tingkatan stres kita. Olahraga yang paling baik adalah dipagi hari, bukannya dimalam hari, sebab saat pagi hari udara di lingkungan masih bersih sehingga berguna bagi tubuh untuk di hirup. Sempatkan waktu anda untuk berolah raga setiap pagi, atau dapat melakukannya secara alami dengan pergi shalat subuh di masjid setiap hari, tentunya dengan berjalan kaki agar otot – otot dapat bergerak dengan baik.

2. Makan dan minum secukupnya saat tidur
Saat makan malam sebaiknya jangan terlalu berlebihan, sebab dapat mengganggu tidur anda di malam hari. Kurangi makan sebab dapat membuat tubuh menjadi tidak nyaman, kurangi minum terutama yang manis-manis sebab anda akan terganggu dengan keinginan untuk buang air kecil tengah malam. Selain itu makan berlebih dimalam hari dapat menyebabkan kegemukan karena energi yang dikonsumsi tidak digunakan saat tidur.

3. Kurangi Konsumsi Kafein
Anda pasti sudah tahu bahwa kafein dapat membuat kita terus –menerus terjaga. jadi kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi ataupun teh dimalam hari. Kecuali bila anda memang berniat untuk begadang.

4. Mandi air hangat
sepulangnya anda dari tempat kerja yang begitu melelahkan sebaiknya dilanjutkan dengan mandi air hangat selama beberapa menit. Mandi air hangat dapat membantu  mengurangi ketegangan tubuh anda. Saya sering melakukan hal ini, dan ketika berbaring tubuh akan terasa sangat nyaman ketika telah mandi air hangat. tubuh akan dengan mudahnya tertidur lelap.

5. Tidur teratur
Aktivitas tidur anda secara tidak langsung akan direkam oleh tubuh anda, jika anda sering tidur telat dan bangun lambat maka tubuh akan membuasakan hal tersebut dan sulit anda ubah. Oleh karena itu tidurlah secara teratur setiap hari. Tidur yang paling baik adalah cepat tidur dan cepat bangun pagi.
Tidur adalah sebuah nikmat yang diberikan oleh ALLAH SWT, mari perbanyak bersyukur karena kita masih diberi kenikmatan tidur yang sangat mahal harganya. Selamat mencoba semoga berhasil mengatasi Insomnia . Baca tulisan sebelumnya

Read more: http://tikars.blogspot.com/2012/10/cara-mengobati-insomnia.html#ixzz2LEaaGNxg

0 komentar:

Poskan Komentar